Senin, 12 November 2018

TUGAS KEDUA KELOMPOK SISTEM INFORMASI DAN RISET PEMASARAN

TUGAS KEDUA KELOMPOK SISTEM INFORMASI DAN RISET PEMASARAN 

I

                nama  kelompok                 - BELLA ASHA SANDIREL
                                            - CYRIIL STEPHANIE SEPTIANY
                                            - META DWI HAPSARI
                                            - NOVIA ANGELLITA S
                                             - YOLANDA DAMERIA SIALAGAN
                                               ARFIAN WAHYU PRATAMA 
KELAS  : 4EA24
UNIVERSITAS GUNADARMA
FALKULTAS EKONOMI 
JURUSAN MANAJEMEN 
2018

SISTEM INFORMASI

 

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI

               Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.


TUJUAN DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SIM berarti pengumpulan, analisis, klasifikasi, menyimpan (storing), mendapatkan kembali (retrieving) dan melaporkan data-data yang relevan menggenai pelanggan, pasar, saluran (chanel), penjual dan pesaing. Dalam suatu perusahaan seharusnya juga mencakup aspek-aspek penting lingkungan eksternal perusahaan, misalnya seperti regulasi pemerintah, merger, akuisisi dan aliansi

 

Fungsi sim dari riset harus menyediakan informasi yang relevan dalam hal waktu, efisiensi biaya dan cara bertindakElemen dasar dari Sistem Informasi Perusahaan Global adalah agenda atau daftar subyek yang informasinya diperlukan.

Subyek ini misalnya : pasar, persaingan, mata uang, sumber daya, lingkungan sosial budaya dan  lingkungan  hukum politik. Setelah agenda subyek ditetapkan, langkah berikutnya adalah pengumpulan informasi yang aktual dengan menggunakan   pengamatan (surveillance)

Pemasaran global secara konstan mencari dan mengumpulkan informasitentang peluang dan ancaman potensial dengan menajamkan fungsi telinga dan mata terhadap petunjuk desas-desus kumpulan informasidanwawasan  berdasarkanpengalaman orang lain.

Mendapatkan informasi secara umum dengan baca Koran, majalah, program-program berita via internet dll adalah jenis pengamatan sekedar melihat atau dapat di   sebut   dengan   viewing.

Sedangkan jika suatu berita relevan atau terkait kasus mengamati berita masuknyapemain baru  dalam industri mobil, kemudian mengikuti berita perkembangannya, ini disebut juga dengan pemantauan (monitoring).

 

 

 

 

Pada modus pencarian (search), karakteristiknya adalah mencari informasi yang spesifik secara sengaja (lebih banyak aktivitas formalnya) pencarian meliputi investigasi dan riset. Investigasi adalah jenis pencarian yang relative terbatas dan informal, misalnya dengan mencari dibuku, artikel, internet tentang topic atau isu khusus. Sedangkanriset adalah seperti yang di jelaskan di bawah ini !

 

PENGERTIAN RISET, RISET PEMASARAN, RISET PEMASARAN INTERNASIONAL

  Istilah riset pemasaran (marketing research) mengacu pada pengumpulan analisis, dan penyajian informasi yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan dengan baik. Focus dari riset pemasaran adalah masalah atau proyek khusus dengan suatu awal dan akhir.

Dalam praktik ,istilah riset pasar (market research)seringkali digunakan secara bertukaran. Riset pemasaran secara konseptual berbeda dengan riset pasar. Riset pasar ruang lingkupnya lebih sempit,karena riset ini menekankan pada informasi konsumen yang ada sekarang dan yang potensial – siapa mereka, mengapa mereka membeli suatu produk atau jasa dan dimana mereka membelinya.    


Riset Pemasaran Internasional
Pemasaran dalam bisnis internasional sagat kompleks daripada pemasaran domestic. Perbedaan sosial, bahasa, politik, peraturan, dll perlu dipelajari dengan seksama kemudian dijadikan sebagai landasan kebijakan strategi pemasaran.  Pemahaman tentang lingkungan bisnis internasional seharusnya didasarkan pada penilitian yang dilakukan yang menyangkut produk, rencana pemasaran dan  strategi pemasaran.  Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi problem pemasaran. 
Macam data yang diperlukan dalam penelitian pemasaran :
1.    Data sekunder
Data yang dikumpulkan pleh pihak lain(BPS, Dep perindustrian, IMF) data ini teralive lebih murah dan mudah untuk mendapatkannya.
2.    Data primer
Data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti, karenanya cara mendapatkannya data tersebut membutuhkan biaya yang mahal, mamakai waktu lama, kadang hasilnya sulit dikomparasi.  Data ini biasanya digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan yang bersifat taktis dan spesifik.
Ada bermacam macam informasi yang dibutuhkan dalam pemasaran internasional yaitu:
1.    Macro live information ( lingkungan fisik, lingkungan politik, lingkungan ekonomi)
2.    Market information ( kemungkinan masuk, karakteristik pasar)
3.    Micro level information ( sales forcasting, informasi biaya, informasi manajeman)
Manfaat sistem informasi :
1.    Manajeman dapat memonitor perubahan yang terjadi pada pasar pasar yang bebeda.
2.    Manajeman dapat memonitor perusahaan itu sendiri dalam pasar internasional.
Analisis  kekuatan kompetitif:
1.    Dari dalam perusahaan
2.    Bahan bahan publikasi
3.    Para pemasok / pelanggan
4.    Karyawan para pesaing
5.    Observasi langsung

 

Pemasaran Internasional
Fungsi manajeman yang dianggap tulang punggung perusahaan adalah pemasaran. Tidak akan ada artinya Sebaik apapun produk yang dihasilkan perusahaan tetapi jika diimbangi oleh kemampuan perusahaan tersebut didalam memasarkan produknya.  Untuk mamasuki pasar internasional sebuah produk dapat diperlukan dengan dilakukan modifikasi yang tergantung pada beberapa faktor yaitu Jenis produk itu sendiri, biaya, dan peraturan dari negara yang dituju. Standarisasi produk
Yaitu produk dengan sangat sedikit atau tanpa modifikasi sama sekali, biasanya untuk barang-barang yang memang perlu distandarisasi seperti alat-alat kesahatan atau alat alat labotaorium dll

 

Diferensiasi produk
Beberapa jenis barang perlu dilakukan diferensiasi pasar agar perusahaan dapat menigkatkan keuntungan. Modifikasi produk adalah salah satun bentuk diferensiasi, dan deferensiasi  merupakan salah satu segmentasi pasar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melakukan diferensiasi produk yaitu jenis produk, kondidi dan kompetensi yang ada dipasar, kebutuhan fisik, infrastruktur, product life style, legal requirement, cost benafit analysis.


Segemantasi pasar
Beberapa negara dapat dibagai dalam beberapa segmen denagn dasar tertentu seperti factor demografi, tingkat pendapatan, agama, kebiasaan konsumsi, dll.
Merek dan kemasan
Merek dapat distandarisaitetapi dapat juga disesuaikan dngan kondisi negara tertentu sehingga untuk produk yang sama mereknya akan berbeda di negara lain.


Strategi produk
Produk adalah fokus sentar bauran pemasaran. Jika sebuah produk tidak berhasil memuaskan konsumen, apaun upaya memasarkan yang dilakukan oleh produsen tidak akan berhasil.  Dalam merumuskan strategi produk para manajer pemasaran internasional harus ingat bahwa produk adalah lebih dari sekedar obyek fisik, tetapi mencangkup juga merek, aksesoris, layanan purna jual, jaminan, pentujuk pmakaian, cita perusahaan dan kemasan.


Jenis produk
Klasifikasi produk adalah jenis produk industrial atau produk konsumen, ang memenuhi kebutuhan pasar dunia pada umuamnya produk industrial tidak terlalu mermerlukan banyak penyesuaian, hal tesebut berbeda dengan produk konsumen.

 

 

 

Pengaruh Kekuatan Lingkungan Luar Negeri Terhadap Strategi Produk


Kekuatan sosial budaya
Adanya perbedaan sosial budaya yang sangat mencolok mengharuskan perubahan-perubahan produk makanan barang konsumsi lain (Mc donald mengubah burgernya dengan daging ayam ketika memasarkan produknya ke india).
Kekuatan hukum
Kekuatan hukum menjadi sesuatau yang sangat penting dalam medisain produk suoaya persuashaan dapat memasarkan produknya dinegara tersebut (peraturan tentang polusi ,perlindungan konsumen)
Kekuatan ekonomi
Adanya pebedaan pendapat antara negara-negara di dunia menyebabkan perusahaan harus menyesuaiakan produknya dengan daya beli yang akan dituju.
Kekuatan fisik
Kekuatan fisik berupa iklim, kondisi alam, suhu udara dll, angat perhataikan oleh manajer produksi


Strategi promosi
Terdapat enam sstrategi berbeda yang dapat dipilih perusahaan yaitu:
•    Produk sama-pesan sama
•    Produk sama-pesan beda
•    Adaptasi  produk-pesan sama
•    Adaptasi produk-adaptasi pesan
•    Produk berbeda-pesan sama
•    Produk berbeda untuk pemaikaian yang sama -pesan berbeda



 

Strategi Penetapan Harga
            Suatu barang bisa jadi dipasarkan dengan harga tinggi di suatu neraga tertentu dan dipasarkan dengan harga yang relative rendah di negara lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan harga:
•    Perbedaan biaya yang haris dikeluarkan perusahaan di negara sasaran.
•    Konsisi persaingan
•    Produk yang dipasarkan tersebut berbeda dalam tahapan daur hidup yang mana
•    Para Pemerintah setempat dalam pengendalian harga


Strategi Distribusi
            Keputusan perusahaan adalah akan memasarkan secara langsung atau tidak langsung . ada beberapa faktor yang mempengaruhi strategi distribusi yaitu :
•    Karakteristik pasar
•    Karakteristik produk
•    Karakteristik perusahaan
•    Karakteristik perantara
•    Persayaratan hukum

Riset Pemasaran Global

Pemasaran global dihadapkan pada masalah kelebihan informasi & kelangkaan informasi. Proses memperoleh informasi dikenal dengan istilah scanning ( penapisan ).

Unsur penyusun system informasi global.
Agenda subyek informasi.
Kategori untuk system intelijen bisnis global.
  
Kategori
Cakupan
I. Informasi pasar
     1. Potensi pasar
Informasi yang menunjukkan permintaan potensial untuk produk, termasuk status & prospek produk yang sudah ada di pasar yang sudah ada.
     2. Sikap konsumen / pelanggan & tingkah laku
Informasi & sikap , tingkah laku serta kebutuhan konsumen & pelanggan dari produk yang sudah ada & produk potensial. Dalam kategori ini juga termasuk adalah sikap investor terhadap hasil dari investasi terhadap hasil dari investasi perusahaan.
     3. Saluran distribusi
Ketersediaan, keefektifan, sikap & preferensi agen saluran.
     4. Media komunikasi
Ketersediaan media, keefektifan & biaya
     5. Sumber daya pasar
Ketersediaan , mutu & biaya
     6. Produk baru
Informasi nonteknis menyangkut produk baru untuk sebuah perusahaan ( hal ini termasuk produk yang sudah dipasarkan oleh perusahaan lain ).
    II. Informasi Kompetitif
    7. Strategi & rencana bisnis kompetitif
Sasaran, tujuan, definisi bisnis: rancangan & logika perushaan.
    8. Strategi fungsional kompetitif
Pemasaran : pasar sasaran, produk, harga, saluran , promosi, strategi & rencana, keuangan, proses manufaktur, penelitian & pengembangan, strategi, rencana & program sumber daya manusi.
    9. Operasi kompetitif
Pengetahuan terinci mengenai operasi pesaing, produksi, pengiriman, transfer karyawan, moral dsb.
    III. Mata Uang Asing
    10. Neraca pembayaran
Laporan Pemerintah
    11. Tingkat suku bunga nominal & sebenarnya
Perkiraan pakar
    12. Tingkat inflasi dibandingkan dengan rata-rata mitra perdagangan yang diberi bobot
Teori PPP
   13. Perkiraan daya saing internasional
Penilaian pakar
   14. Daya tarik mata uang & asset Negara bagi investor
Permintaan mata uang
   15. Kebijakan pemerintah menyangkut daya saing negara
Penilaian pakar
   16. Kebijakan moneter & fiskal negara
Penilaian pakar
  17. Kegiatan pasar pada saat ini & untuk masa depan
Laporan pasar
 18. Harapan & pendapat analis, pedagang, banker, pakar ekonomi, usahawan.
Penilaian secara umum.
I  V. Informasi yang memberi petunjuk
   19. Pajak orang / badan asing
Informasi mengenai keputusan kehendak , & sikap pemegang wewenang atas orang / badan asing menyengkut pajak atas penghasilan, deviden & bunga
  20. Petunjuk & Undang-Undang lain yang menyengkut oang / badan asing
Semua informasi yang menyangkut pedoman, peraturan, undang-undang, dekrit dengan cakupan local , regional atau internasional yang tidak menyangkut masalah perdagangan mata uang asing & pajak yang mempengaruhi operasi, asset atau investasi sebuah perusahaan.
     21. Petunjuk Negara sendiri
Insentif, pengendalian, peraturan , pembatasan, dari Negara endiri yang mempengaruhi sebuah perusahaan.
     V. Informasi Sumber Daya
     22. Sumber daya manusia
Ketersediaan individu & kelompok, calon karyawan, sumber, pemogokan dll.
     23. Uang
Ketersediaan & biaya uang untuk dipergunakan , perusahaan.
     24. Bahan Baku
Ketersediaan & biaya
    25. Akuisisi & merger
Tanda-tanda / informasi lain yang menyangkut akuisisi potensial merger atau usaha patungan.
VI. Kondisi Umum
    26. Faktor ekonomi
Informasi makroekonomi yang menyangkut factor-faktor yang luas, seperti pergerakan modal, kecepatan pertumbuhan, struktur ekonomi & geografi ekonomi.
    27. Faktor Sosial
Struktur sosial masyarakat, kebiasaan, sikap & preferensi.
    28. Faktor politik
Iklim investasi , cara pemilihan umum, perubahan politik.
    29. Faktor teknologi
Perkembangan besar  & kecenderungan
 30. Praktek manajemen &administrative
Praktek manajemen & adminidtratif & prosedur, menyangkut hal-hal seperti kompensasi karyawan, prosedur laporan.
     31. Informasi lain
Informasi yang tidak dapat dimasukkan dalam kategori lain.
Kurangnya informasia yang dihasilkan dengan sekedar melihat merupakan akibat dari 2 faktor:
1.         Sejauh mana eksekutif dihadapkan pada informasi yang tidak termasuk dalam agenda subyek yang sudah
ditentukan sebelumnya dengan jelas.
2.     Kepekaan mereka terhadap informasi diluar agenda ini.
Sumber Informasi :
1.     Manusia : merupakan sumber informasi paling penting
2.     Dokumenter.
3.     Persepsi. Terdapat 3 macam persepsi langsung :
a.     Informasi yang mudah diperoleh dari sumber lain, tetapi diperlukan persepsi indera dari fenomena
               sebenarnya untuk mencatat informasi dalam pikiran responden.
b.     Informasi yang tidak tersedia dari sumber alternative.
c.     Latar belakang informasi yang diperoleh seseorang dari pengamatan suatu situasi.
4.     Persepsi informasi & media ( elektronik , cetakan ).

Riset Pemasaran
Informasi merupakan bahan baku yang amat penting dalam merumuskan & mengimplementasikan strategi pemasaran yang sukses.
Penelitian pemasaran adalah pengumpulan informasi dalam modus scanning riset.

Ada 2 Modus Riset :
1.     Investigasi : pencarian informasi spesifik yang relative terbatas & informal.
2.     Penelitian : usaha terorganisasi untuk mengumpulkan informasi spesifik dengan tujuan tertentu.

Terdapat 2 Cara Melakukan Riset Pemasaran :
1.     Mendesain & mengimplementasikan suatu studi dengan staf dalam perusahaan.
2.     Menggunakan perusahaan luar yang mengkhususkan diri dalam riset pemasaran
internasional.

Masalah Khusus Dalam Riset Pemasaran Internasional.
1.     Menganalisis banyak pasar nasional, yang masing-masing mempunyai karakteristik unit .
2.     Banyak Negara ketersediaan data terbatas.
3.     Di Negara berkembang pelayanan statistic & risetnya relative sederhana.
Lima Panduan Riset Internasional.
Sebelum anda memulai riset, tanyalah diri anda sendiri 6 pertanyaan berikut ini :
a.         Informaasi apa yang saya perlukan ? apa yang akan saya lakukan dengan informasi it
setelah saya peroleh ?
b.         Dimana saya dapat memperoleh informasi ini ? apakah informasi itu ada dalam file,
perpustakaan aau database on line ?
c.     Mengapa saya memerlukan informasi ini ?
d.     Kapan saya memerlukan informasi ini ?
e.     Kalau dinilai dengan mata uang , berapa harga informasi ini bagi saya ?
f.      Berapa kerugian yang saya derita jika tidak memperoleh informasi ini.

2.     Mulailah dengan riset meja ( desk research ). : gunakan informasi yang ada dalam file anda sendiri,
perpustakaaan, database online, asosiasi perdagangan dsb.
3.     Identifikasi tipe informasi yang tersedia dari sumber luar negri.
4.     Ketahuilah kemana mencari, mis: dikedutaan besar atau atase perdagangan Negara anda.
5.     Jangan menganggap bahwa informasi yang anda peroleh dapat diperbandingkan atau akurat.

Riset Survai
Pada umumnya kuesioner penting untuk memastikan survai yang sukses.
Sebuah kuesioner yang baik mempunyai 3 karakteristik utama:
1.     Sederhana
2.     Membuat responden mudah menjawab & pewawancara mudah mencaat hasilnya.
3.     Membuat wawancara tetap pada pokok masalah & memperoleh informasi yang diinginkan.
Pengambilan Sampel, adalah pemilihan subset  / kelompok dari suatu populasi yang mewakili seluruh populasi

Teknik Analisis untuk Melakukan Riset Pasar Internasional
1.     Analisis pola permintaan.
·  Pola pertumbuhan industry dapat membantu pemahaman mengenai permintaan pasar.
2.     Pengukuran elastisitas pendapatan.
·  Elastisitas pendapatan menguraikan hubungan antara permintaan akan barang & perubahan
dalam pendapatan.
3.     Perkiraan dengan analogi.
·  Perbandingan lintas bagian dengan mengasumsikan bahwa terdapat analogi antara hubungan
suatu factor dengan permintaan produk atau komoditi tertentu dalam 2 negara.
·  Menggeser urutan waktu kejadian : jika data tersedia di 2 pasar dengan tingkat perkembangan
yang berbeda.
4.     Analisis perbandingan. Ada 3 kategori dasar :
·  Perbandingan nasional, baik intra perushaan maupun antar perusahaan.
·  Perbandingan dalam perusahaan lintas nasional.
·  Perbandingan didasarkan pada pasar nasional subnasional.
5.     Analisis kelompok / cluster analysis
Tujuannya adalah membagi-bagi beberapa ariabel ke dalam kelompok-kelompok untuk 
persamaan dalam kelompok & perbedaan antar kelompok.
6.     Indeks factor berganda / multiple factor index.
7.     Analisis regresi.

Kendali Kantor Pusat Atas Riset Pemasaran Global
Delegasi multinasional bertanggung jawab atas riset kepada anak perusahaan operasional. Perusahaan global / transnasional mendelegasikan tanggung jawab untuk riset kepada anak perusahaan operasional tetapi mempertahankan tanggung jawab keseluruhan & mengendalikan riset sebagai fungsi kantor pusat.

Manajemen & System Informasi Pemasaran
Mengorganisasikan, mengimplementasikan & memonitor strategi & program riset pemasaran global bukanlah tugas mudah.
Merupakan kewajiban dari system informasi pemasaran & fungsi riset untuk menyediakan informasi relevan yang tepat waktu, efisien dalam biaya & dapat dilaksanakan.
Sistem informasi pemasaran sebagai asset strategis.







DAFTAR PUSTAKA

http://nissaamalia166.blogspot.com/2016/06/sistem-informasi-dan-riset-pemasaran.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi   
https://bintangfararyani.wordpress.com/2013/06/20/riset-pemasaran-global/

http://pinterfekon.blogspot.co.id/2014/04/riset-pemasaran-internasional-dan.html
http://rachruriza.blogspot.com/2014/05/sistem-informasi-riset-pemasaran-global.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar